single-bn

Layanan Informasi dan Administrasi BPJS Kesehatan Semakin Mudah

Admin - Kamis, 23 Mei 2024 01:34 WIB

BPJS Kesehatan (foto : langgam.id)
BPJS Kesehatan (foto : langgam.id)

Banyuwangi | Layanan BPJS Kesehatan kini semakin mudah di akses. Dengan kemajuan tekhnologi, peserja Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa mengakses layanan informasi dan administrasi melalu dimanapun gadget. Ada beberapa fitur layanan informasi dan administrasi yang bisa diakses melalui gadget.

Merujuk pada laman bpjs-kesehatan.go.id ada beberapa layanan informasi dan administrasi yang bisa diakses melalui telepon pintar. Berikut daftarnya :

1. Care Center 165

BPJS Kesehatan Care Center 165 merupakan kanal layanan informasi non tatap muka yang dapat diakses oleh peserta maupun masyarakat umum melalui telepon rumah, handphone, maupun akun resmi media sosial BPJS Kesehatan setiap hari selama 24 Jam.

Jenis layanan BPJS Kesehatan Care Center 165 sebagai berikut:

a. Layanan Voice Interactive JKN (VIKA) merupakan layanan informasi melalui mesin penjawab dengan menu pilihan yang dapat dipilih peserta saat menghubungi layanan BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk melakukan pengecekan status peserta dan tagihan iuran.

b. Layanan perubahan/mutasi data peserta yang dilayani oleh agent Care Center 165, antara lain: Perubahan data Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau FKTP (paling cepat sudah terdaftar 3 bulan di FKTP sebelumnya). Perubahan kelas perawatan (paling cepat sudah terdaftar 1 tahun dari kelas perawatan sebelumnya dan dalam status peserta aktif), Perubahan data nomor HP untuk login ke Mobile JKN, Perubahan NPWP, e-mail dan alamat domisili.

c. Pemberian informasi dan penyampaian pengaduan terkait Program JKN dilayani oleh agent BPJS Kesehatan Care Center 165

d. Informasi dan penyampaian pengaduan melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan (Twitter, Facebook, Instagram, YouTube dan TikTok)

2. Pandawa

Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) merupakan Kanal Layanan tanpa Tatap Muka/tanpa kontak fisik antara frontliner dan peserta dengan menggunakan media WhatsApp. Layanan ini untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan.

PANDAWA dapat diakses oleh Peserta melalui nomor 0811-8-165-165 pada hari dan jam kerja (Senin s/d Jumat pukul 08.00-16.00). Adapun jenis layanan pada PANDAWA yaitu:

a. Pendaftaran baru: PNS/TNI/POLRI, Warga Negara Asing, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri.

b. Penambahan anggota keluarga:Penambahan anggota keluarga: PNS/TNI/POLRI dan Pensiunan/Veteran-PK, Penerima Bantuan Iuran APBN (Bayi Baru Lahir), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri

c. Pengaktifan kembali status kepesertaan: Anak berusia > 21 tahun masih kuliah, Registrasi ulang (PNS/TNI/POLRI/Pensiunan/Veteran-Perintis Kemerdekaan), Registrasi ulang bayi berusia > 3 bulan melengkapi NIK, WNI Kembali dari luar negeri, Data ganda

d. Pindah jenis peserta non aktif menjadi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri

Perubahan/perbaikan data: Perubahan Identitas (NIK, Nomor KK, Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat), Nomor handphone, Golongan dan gaji (PNS dan TNI/POLRI)

e. Ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP): Peserta TNI/POLRI, Sebelum 3 bulan (bagi peserta pindah domisili/pindah tugas)

f. Pengurangan Anggota keluarga, Pelaporan peserta meninggal dunia, Pembaruan Kartu Keluarga (KK baru/pisah KK), Pelaporan WNI pergi keluar negeri

g. Perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama

h. Update Virtual Account (VA) peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PPU)

3. Chika

Chika (Chat Assistant JKN) ini digunakan untuk mengecek Status BPJS Kesehatan, Cek Tagihan, dan lain-lain.  Per 1 April 2024, Pelayanan Non Tatap Muka Chika diintegrasikan dengan Pelayanan WhatsApp Pandawa BPJS Kesehatan.

Sehingga Pandawa tidak hanya bisa melakukan pengurusan Administrasi BPJS Kesehatan seperti Daftar Baru, Ubah Segmen Kepesertaan, Ubah Data. Namun juga bisa cek status, Tagihan BPJS Kesehatan, informasi, penyampaian pengaduan dan masih banyak lagi yang pastinya memudahkan Sobat dalam mengakses Pelayanan JKN.

Nah per 1 April 2024, seluruh layanan Chika yang terdiri dari Facebook Messenger, Whatsapp nomor 08118750400, dan Chatbot Telegram @Chika_BPJSKesehatan_bot akan diintegrasikan dengan layanan WhatsApp Pandawa di nomor 0811 8 165 165 yang bisa diakses 24 Jam!

Sehingga sekarang Sobat JKN dapat mengakses layanan administrasi, informasi dan pengaduan hanya dengan mengakses nomor whatsapp Pandawa di 0811 8 165 165.

Tag Terkait

Bagikan

Rekomendasi

Terkini

Iklan Kiri
Iklan Kiri